6 Pantangan Sesudah Makan

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sesudah makan. Demi lebih memaksimalkan dalam penyerapan asupan gizi dari makanan yang sudah anda konsumsi.
Makan bukanlah sekedar membuat rasa kenyang, tapi juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Karena itu yang harus dipilih adalah makanan yang mengandung bermacam unsur gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
Didalam memenuhi segala kebutuhan gizi bukan sekedar mengkonsumsi makanan bergizi saja. ada beberapa hal yang sangat penting dan harus anda betul-betul perhatikan agar semua unsur gizi tersebut benar-benar diserap sempurna oleh tubuh, yaitu dengan memperhatikan segala aktivitas setelah anda makan, sebab, ternyata banyak aktivitas yang sangat memungkinkan dapat mengganggu proses penyerapan gizi makanan yang disebabkan oleh aktivitas tertentu tersebut.
Proses memasukkan bahan makanan yang dimulai dari mulut, tenggorokan sampai akhirnya ke lambung, membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 jam, maka selama rentang waktu tersebut, tentu dibutuhkan kondisi yang nyaman. kondisi nyaman yang kita maksud disini adalah, suatu keadaan yang dimana organ-organ yang berhubungan dengan proses pengolahan, pencernaan, makanan dapat bekerja secara optimal.
Sayangnya, banyak beberapa hal yang dapat mengganggu kenyamanan proses penyerapan kedalam lambung. Padahal beberapa hal tersebut sudah menjadi sebuah kebiasaan yang sering anda lakukan tanpa disadari maupun disadari. Adapun contoh hal tersebut yaitu:
1- MEROKOK.
Bagi seorang perokok, merokok sesudah makan adalah suatu hal ritual yang sangat sulit untuk dipisahkan. bahkan ada yang sampai mengatakan, (Tidak merokok sesudah makan, seperti kita habis di pukul orang, maka kita gak membalas). konon katanya mulut terasa pahit apabila tidak merokok sesudah makan.
padahal " kandungan nikotin didalam rokok akan meracuni makanan, sehingga nutrisi yang seharusnya diserap sempurna dilambung terkontaminasi nikotin. Nikotin justru diserap tubuh hingga 10kali lebih besar dibanding nutrisi makanan itu sendiri".
2- MINUM TEH
Alasannya: Kandungan asam yang ada pada daun teh terkenal sangat tinggi. asam akan dapat mengganggu proses pencernaan protein yang terdapat dalam makanan. selain itu teh juga dapat menyebabkan terhambatnya penyerapan zat besi dalam tubuh hingga 80 persen.

3- MANDI 
Disaat mandi tubuh akan mengeluarkan kalori penguapan, sementara untuk metabolisme, tubuh juga akan mengeluarkan kalori. akibatnya akan terjadi pembuangan energi yang berlebihan.

4- MAKAN BUAH-BUAHAN
Memakan buah-buahan sesudah makan sesudah makan menjadi kebiasaan turun temurun karena dianggap sebagai pencuci mulut. sesungguhnya itu adalah kebiasaan yang keliru.
Memakan buah-buahan langsung sesudah makan dapat membuat lambung menjadi kembung. perut berasa kembung karena terisi banyak udara. selain itu buah-buahan juga mengandung serat tinggi akan dicerna lebih cepat ketimbang bahan makanan lainny. akibatnya penyerapan nutrisi dan mineral menjadi tidak optimal.
sebaiknya menkonsumsi buah-buahan adalah sebelum makan, atau apabila dikonsumsi sesudah makan, maka beri waktu jeda terlebih dahulu sekita 1/2 jam sesudah makan. semua bahan makanan sebelumnya tercerna dengan sempurna.

5- BERJALAN-JALAN
6- TIDUR

Link Exchange

Silahkan copy kode dibawah ini untuk dipasang di blog/situs anda dan klik logo tersebut apabila sudah terpasang, maka otomatis link anda terpasang disitus ini
EraDigital.Org


Photobucket
Copyright © Www.EraDigital.Org